MAKALAH
ANALISIS PROSES PERUBAHAN PT BANK
TABUNGAN NEGARA (BTN)
Disusun Oleh :
Syarif Maulana
1620200101
STIE
MULTI DATA PALEMBANG
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN
PALEMBANG
2019
KATA
PENGANTAR
Dengan
menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha penyayang, Kami panjatkan
puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat,
hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah
analisis Proses Perubahan PT Bank Tabungan Negara (BTN).
Makalah analisis
Proses Perubahan PT Bank Tabungan Negara (BTN) ini telah kami susun dengan
maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat mempelancar
pembuatan makalah ini. Untuk ini kami menyampaikan banyak terima kasih kepada
semua pihak yang telah berkontribusi dapat menyelesaikan makalah analisis Proses
Perubahan PT Bank Tabungan Negara (BTN).
Terlepas
dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi
susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka
kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki
makalah ilmiah ini.
Akhir kata
kami berharap semoga makalah analisis Proses Perubahan PT Bank Tabungan Negara (TN).,
semoga akan bermanfaat dan menginspirasi bagi pembaca.
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
PT. Bank
Tabungan Negara (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
yang berpengalaman di bidang
pembiayaan perumahan dan industri yangtelah mampu mengemban tugas negara
untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia melalui
kegiatan usaha yang
dilakukannya dengan menyalurkan
KPR dan Kredit lainnya
serta menghimpun dana masyarakat melalui
Tabungan, Deposito dan Giro.PT.
Bank Tabungan Negara
(Persero) selanjutnya disebut
Bank BTN sebagai salah
satu Bank BUMN
yang berdiri 56
tahun yang lalu,
telah mampu mengambantugas negara
dalam membantu dalam
membantu mendorong pertumbuhan ekonomi
terutama di sektor
perumahan rakyat. Kepercayaan masyarakat dan
tempaan waktu telah
mengantarkan Bank BTN
terus melangkah maju di tengah
pasang surut perekonomian makro dan persaingan perbankan yang cukup ketat.
Secara internal, Bank
BTN terus menerusmeningkatkan kinerja operasionalnya melalui
berbagai perbaikan sistem.
Restrukturisasi yang berkelanjutan guna
memperkuat landasan untuk
menjadikan Bank BTN sebuah bank
umum dengan fokus
pada pinjaman perumahan dan
industri terus didorong untuk semakin diakselerasikan. Awal lahirnya
Bank BTN yakni
dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti
Undang-Undang No. 4
tahun 1963 Lembaran
Negara Republik Indonesia No. 62 tahun1963 tanggal 22 Juni 1963 dari undang-undang
tersebut, Bank BTN bukan bank yang baru dibentuk akan tetapi perubahan Bank
Tabungan Pos menjadi Bank Tabungan Negara.
Penegasan status
Bank Tabungan Negara sebagai bank
milik negara ditetapkan dengan UU
No. 20. Tahun 1968 tanggal 19 Desember 1968. Pada tahun 1974 Bank Tabungan Negara
ditambah tugasnya yaitu
memberikan pelayanan KPR
dan untuk pertama
kalinya penyaluran KPR
terjadi pada tanggal
10 Desember 1976. Sejalan dengan tugas tersebut, maka tahun 1976 dimulai
realisasi KPR (Kredit Pemilikan
Rumah) pertama kalinya oleh
BTN dinegeri ini.
Waktu demi waktu akhirnya
terus mengantarkan BTN
sebagai satu-satunya bank
yang mempunyai konsentrasi penuh
dalam pengambangan
bisnis perumahan di Indonesia
melalui dukungan KPR-BTN. Dan
berkat KPR pulalah
BTN terus di hantarkan pada kesuksesannya sebagai bank
yang terpercaya, handal dan sehat.
Akhirnya sejarah
mencatat dengan sukses
BTN dalam bisnis
perumahan melalui fasilitas KPR
tersebut telah membawa
status BTN ini
menjadi PT. Bank Tabungan
Negara (Persero) pada
tahun 1992. Status
persero ini memungkinkan BTN bergerak lebih luas lagi
dengan fungsinya sebagai bank umum. Dan memang untuk mendukung
bisnis KPR tersebut,
BTN mulai mengembangkan
produk-produk layanan perbankan
sebagaimana layaknya bank
umum. BTN juga memiliki produk
tabungan, Giro, Deposito,
ataupun layanan perbankan lainnya yang dimiliki oleh bank lain.
Pelan namun
pasti, BTN tidak
mau berkutat terus
menerus sebagai bank penyalur
kredit perumahan. Pada tahun
2012 bank BTN
mampu menjadi wadah penyaluran pembiayaan
KPR terbesar di Indonesia. KPR-BTN
juga ikut mendorong tumbuhnya
ekonomi kerakyatan bersentuhan
dengan 114 industri padat karya.Tak
bisa dipungkiri, KPR
BTN sangat membantu
masyarakat untuk memiliki hunian
yang layak, khususnya
masayarakat berpenghasilan rendah (MBR). Pada tahun
2013 bank BTN kembali
dinobatkan sebagai Most Prefreed Residental Property
Developer Brand yang di
ukur berdasarkan preferensi masyarakat bank
yang akan dipilih
untuk pemilihan fasilitas
KPR. Pengakuan terhadap produk
KPR bank BTN
dengan pengalaman dan kelebihannya
di pasar yang selama
ini mulai banyak
dinikmati oleh bank
lainnya. Ini menjadi momentum yang
baik bagi bank
BTN untuk terus
meningkatkan pelayanannya dengan
mempertajam fokus bisnsinya selama ini.
1.2 Rumusan
Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan perubahan ?
2.
Bagaimana perubahan yang ada pada PT Bank Tabungan
Negara ?
1.3 Tujuan
Untuk mengetahui bagaiman perubahan
yang ada pada PT Bank Tabungan Negara.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Perubahan
Pengertian Manajemen Perubahan adalah wujud pendekatan melalui
suatu proses untuk mengubah individu, tim, dan organisasi/ perusahaan menuju
kondisi masa depan yang lebih baik.
Manajemen perubahan (change management) sering dikaitkan
dengan manajemen sumber daya manusia karena yang menjadi objek utama perubahan
adalah sumber daya manusia. Change
management dalam suatu perusahaan umumny dilakukan dengan perubahan
kebijakan yang sederhana hingga kebijakan yang kompleks dan berpengaruh
terhadap perubahan perusahaan.
Sebagai makhluk yang
dinamis, manusia tidak bisa berdiam diri dengan kondisi lingkungan yang
terus bergerak, sehingga perubahan diperlukan untuk mengarahkan pergerakan
manusia ke arah yang diinginkan demi mencapai tujuan bisnis atau perusahaan.
Pada dasarnya, change management bisa diartikan
secara lebih luas berdasarkan sudut pandang dan tujuannya. Namun, hampir semua
manajemen perubahan bertujuan untuk mengelola bisnis atau perusahaan kearah
yang lebih baik demi mendapatkan lebih banyak keuntungan. Change management merupakan proses yang berlangsung secara terus menerus
untuk memperbaharui sebuah organisasi. Perubahan ini berhubungan dengan arah,
struktur, dan kemampuan untuk melayani permintaan pasar, pelanggan, dan
pekerja, yang selalu berubah.
Setidaknya ada tiga tujuan manajemen
perubahan yang menjadi dasar dari perubahan di dalam organisasi/ perusahaan,
diantaranya adalah:
1. Untuk
mempertahankan kerberlangsungan hidup perusahaan, baik itu jangkan pendek
maupun jangka panjang.
2. Untuk
menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal (sikap
tenaga kerja, perubahan strategi korporasi, perubahan teknologi dan peralatan,
dan lainnya), serta di lingkungan eksternal (perubahan pasar, peraturan, hukum,
kebijakan pemerintah, teknologi, dan lainnya).
3. Untuk memperbaiki
efektivitas perusahaan agar dapat bersaing di pasar ekonomi modern. Upaya ini
termasuk perbaikan efektivitas tenaga kerja, perbaikan sistem dan struktur
organisasi, dan implementasi strategi perusahaan.
Sehingga dalam sebuah perusahaan
terdapat beberapa tingkatan manajemen perubahan, diantaranya sebagai berikut:
1. Perubahan
Individu
Tingkatan
ini adalah yang paling dasar dari sebuah proses change management. Setiap
individu memang selalu dan akan mengalami perubahan, namun perubahan tersebut
tidak secara otomatis kearah yang diinginkan.
Di sinilah
peran manajer perusahaan untuk mengatur arah perubahan individu agar sejalan
dengan tujuan perusahaan Sehingga change management di sini bisa dikaitkan
dengan ilmu psikologi dimana manajer akan berusaha memahami perilaku individu
sehingga dapat menentukan perubahan seperti apa yang layak untuk dirinya.
Misalnya
saja menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan keterampilan baru pada
seseorang dan bagaimana perubahan tersebut dalam melekat pada diri individu.
2. Perubahan
Organisasi
Manajemen
perusahaan dalam organisasi ini berkaitan erat dengan manajemen proyek. Jika
manajemen proyek berguna untuk memastikan solusi dari proyek yang dirancang,
maka change management berperan untuk memastikan solusi tersebut dapat bekerja
secara efektif.
Manajer
harus memastikan sumber daya mana yang perlu berubah untuk kepentingan
keberhasilan proyek dan upaya perubahan seperti apa yang harus dilakukan untuk
tujuan tersebut.
3. Perubahan
Kemampuan Perusahaan
Pada
tingkatan ini change management berperan secara langsung untuk mengelola
perusahaan agar secara efektif mampu beradaptasi dengan perubahan dunia atau
pasar. Change management di sini bisa lebih kompleks mencakup segala aspek
perusahaan.
Misalnya
manajer memberikan perubahan terhadap metode pemasaran sebelumnya yang dinilai
tidak memenuhi target perusahaan. Sehingga, inisiatif seorang manajer disini
sangat dibutuhkan demi mencapai kemajuan perusahaan.
Perubahan dalam sebuah bisnis
merupakan sesuatu yang penting jika ingin mempertahankan bisnis dan terus
meningkatkan keuntungan. Karena perubahan berarti secra terus menerus melakukan
sesuatu dengan cara dan metode yang berbeda dari sebelumnya yang dinilai kurang
efektif.
Manajemen perubahan dirumuskan oleh
seorang manajer, namun dalam praktiknya seringkali dilakukan oleh seorang
pimpinan secara langsung. Sehingga kerjasama diantara keduanya bisa membentuk
perubahan yang lebih optimal.
2.2 Perubahan PT Bank Tabungan
Negara
PT Bank Tabungan Negara,
(Persero),Tbk (Bank BTN) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak
dibidang Perbankan. Kami berkomitmen menjadi Bank yang melayani dan mendukung
pembiayaan sektor perumahan melalui tiga produk utama, perbankan perseorangan,
bisnis dan syariah. Oleh karena itu untuk tetap bertahan dalam industri ini
Bank BTN melakukan perubahan (inovasi) agar tetap bertahan. Adapun beberapa
perubahan yang pernah dilakukan Bank BTN yaitu :
1. Perubahan
Direktur
-
Pada 16 Mei 2000 sampai 19 Desember
2007 direktur Bank BTN yaitu Kodradi.
-
Pada 19 Desember 2007 sampai 28
Desember 2012 direktur Bank BTN yaitu Iqbal Latanaro.
-
Pada 28 Desember 2012 sampai sekarang
direktur Bank BTN yaitu Maryono.
2. Perubahan
Logo
Adapun perubahan
logo yang pernah dilakukan oleh Bank BTN yaitu :
↓
↓
3. Perubahan
Selogan
Adapun selogan
yang pernah digunakan oleh Bank BTN yaitu :
-
1992–2000: Mengembangkan Tradisi
Menabung dan Membangun
-
2000–2011: Berpengalaman Melayani
Keluarga Indonesia
-
2011–sekarang: Sahabat Keluarga
Indonesi
4. Perubahan
Teknologi
Roadmap
transformasi Bank BTN terbagi atas 3 tahapan transformasi. Tahap transformasi 1
merupakan Periode Survival (tahun 2013 -- 2015). Pada tahap ini terjadi
lompatan transformasi dipicu oleh Program Satu Juta Rumah.
Selanjutnya,
pada tahap transformasi 2 yang merupakan Periode Digital Banking (tahun 2015 --
2019), tahap transformasi ini didukungoleh bisnis yang lebih kuat, infrastruktur
dan Sumber Daya Manusia (SDM). Halini seiring sejalan dengan fenomena dan
peluang ekonomi digital yang tengahterjadi saat ini di kalangan generasi
digital dan milenial.
Saat ini
Bank BTN memasuki tahap transformasi 3 yang merupakan Periode Global --
Playership (tahun 2019 -- 2025). Tahap transformasi ini menjelaskan bahwa
produk dan service sudah beroperasisecara internasional.
Upaya Bank
BTN untuk melakukan transformasi perbankan digital guna meningkatkan layanan
perbankan juga dapat diamati diantaranya
melalui aplikasi kekinian bernama "BTN Digital Solution" yang mampu memberikan kemudahan bertransaksi
perbankan.
Aplikasi ini
merupakan produkterbaru dari Bank BTN guna memberikan kemudahan terhadap para
nasabah/pengguna khususnya para generasi digital dan milenial dalam mengakses
seluruh produk e-Banking BTN.
Di era
digital saat ini, kerjasama antar merchant dan/atau dengan perbankan merupakan
hal yang lumrah dilakukan. Bahkan mungkin merupakan ide yang brilian dan
berperan dalam era perbankan digital dan metamarket masa kini.
Bank BTN
berupaya memberikan solusi digital melalui layanan E-Commerce ternama tanah air
diantaranya Blanja.com, JD.ID, Tokopedia.com, Lazada.co.id, Bukalapak,
OLX.co.id, ZALORA Indonesia, elevenia, Bhinneka.com, MatahariMall.comdan
lainnya.
Bank BTN
juga bekerjasama dengan Pos Indonesia meluncurkan produk tabungan e'BATARAPOS.
BAB III
3.1 Kesimpulan
Perubahan dalam sebuah bisnis
merupakan sesuatu yang penting jika ingin mempertahankan bisnis dan terus
meningkatkan keuntungan. Karena perubahan berarti secra terus menerus melakukan
sesuatu dengan cara dan metode yang berbeda dari sebelumnya yang dinilai kurang
efektif.
Manajemen perubahan dirumuskan oleh
seorang manajer, namun dalam praktiknya seringkali dilakukan oleh seorang
pimpinan secara langsung. Sehingga kerjasama diantara keduanya bisa membentuk
perubahan yang lebih optimal.
Adapaun perubahan yang dilakukan
oleh Bank BTN yaitu perubahan direktur, perubahan logo, perubahan selogan, dan
perubahan teknologi yang digunakan untuk bertahan pada industri.
3.2 Saran
Perubahan-perubahan
yang ada di Bank BTN harus ditingkatkan lagi untuk dapat bersaiang di industri karena
dengan perubahan yang baik maka akan membuat perusahaan lebih maju.
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar