M A K A L A H
ANALISIS BISNIS SEKITAR KAMPUS
DISUSUN OLEH :
Syarif Maulana (1620200101)
Dosen Pembimbing : Charisma Ayu
Pramuditha, M.HRM
JURUSAN MANAJEMEN
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
MULTI DATA
PALEMBANG
KATA
PENGANTAR
Dengan
menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha penyayang, Kami panjatkan
puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat,
hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah
analisis bisnis sekitar kampus.
Makalah
analisis bisnis sekitar kampus ini telah kami susun dengan maksimal dan
mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat mempelancar pembuatan
makalah ini. Untuk ini kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak
yang telah berkontribusi dapat menyelesaikan makalah ini.
Terlepas
dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi
susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka
kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki
makalah ilmiah ini.
Akhir
kata kami berharap semoga makalah analisis bisnis sekitar kampus, semoga akan
bermanfaat dan menginspirasi bagi pembaca.
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………...II
DAFTAR ISI………………………………………………………………...................III
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG……………………………………………………….........….1
1.2 RUMUSAN MASALAH…………………………………………………................1
1.3 TUJUAN ……………..………………………………………………….........…….1
1.1 LATAR BELAKANG……………………………………………………….........….1
1.2 RUMUSAN MASALAH…………………………………………………................1
1.3 TUJUAN ……………..………………………………………………….........…….1
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PROSES USAHA GORENGAN 3/2000 OCID …………………………….....…...2
2.2 ANALISIS SWOT GORENGAN 3/2000 OCID………………………………….....3
2.3 PRODUK YANG DIJUAL……………………………………………………….......4
2.4 INOVASI YANG DAPAT DILAKUKAN………………………………………...…4
2.1 PROSES USAHA GORENGAN 3/2000 OCID …………………………….....…...2
2.2 ANALISIS SWOT GORENGAN 3/2000 OCID………………………………….....3
2.3 PRODUK YANG DIJUAL……………………………………………………….......4
2.4 INOVASI YANG DAPAT DILAKUKAN………………………………………...…4
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN……………………………………………………………………....5
LAMPIRAN FOTO…………………………………………………………………....…6
3.1 KESIMPULAN……………………………………………………………………....5
LAMPIRAN FOTO…………………………………………………………………....…6
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
Muhammad alfarizi adalah penjual
gorengan 3/2000 yang berjualan di samping kampus mdp yang akrab dipanggil ocid.
Ia lahir di bandung 14 september 1998, tempat tinggal di lorong cinta damai
jalan Dr. m isa taksam Palembang. Awal mula ocid berjualan gorengan di daerah
serong air batu banyuasin akan tetapi berkat ajakan temannya yang mengajak
berjualan dipalembang di sekitar kampus mdp sehingga sampai sekarang ocid
menetap dipalembang untuk jualan. Ocid mulai jualan di sekitar kampus mdp pada
tahun 2013. Awal mula berjualan gorengan ocid menggumpulkan modal dari usaha
kecil kecilan jual gorengan ikut teman sebelum mempunyai modal untuk beli
gerobak. Modal yang dihabiskan ocid untuk membeli gerobak yaitu sebesar 4 juta.
Ocid juga memiliki pemasok bahan-bahan kebutuhan berjualan yang mana pemasok
tersebut adalah paman ocid sendiri. Dalam melayani konsumen ocid selalau ramah
dan bisa mengakrabkan diri kepada konsumen sehingga konsumen lebih nyaman dalam berbelanja.
1.2 Rumusan
Masalah
- Bagaimana
proses usaha gorengan 3/2000 ocid ?
- Bagaimana
analisi SWOT gorengan 3/2000 ocid ?
- Apa
saja produk yang dijual ?
- Inovasi
apa yang dapat dilakukan ?
1.3 Tujuan
Mengetahui proses usaha dan analisis
SWOT dari gorengan ocid 3/2000.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Proses Usaha Gorengan 3/2000 Ocid
Ocid
berjualan setiap hari muali jam 6.00 wib sampai jam 17.00 wib. Mulai jam 06.00
wib sampai jam 9.00 wib ocid berjualan di samping pedagang bubur karena jika masih pagi orang akan senang
untuk makan bubur dan dengan gorengan membuat gorengan nya terjual dipagi hari.
Mulai jam 9.00 wib sampai jam 14.00 wib ocid pindah berjualan disamping penjual
model dan pempek panggang di samping kampus mdp karena jam-jam ini jam
mahasiswa untuk istirahat sehingga ocid menyasar pelanggan dari kalangan mahasiswa karena mahasiswa adalah
pelanggan yang paling banyak untuk membeli gorengan. Mulai jam 14.00 wib sampai
jam 17.00 wib ocid pindah di lorong samping penjual mie ayam untuk menghabiskan
dagangannya. Modal yang dihabiskan ocid perhari untuk membeli bahan baku
sebesar 150.000 yang bahan bakunya dia peroleh dari paman nya. Adapun bahan
bahan yang digunakan untuk membuat gorengannya yaitu, 20 keping tempe, 150 biji
tahu, pisang 2 sisir, cambah 1,5 kilo, cabe 1,5 kg, labu 2 kg, minyak 4 kg, gas
2 buah, gendum 5 kg. adapun pendapatan kotor yang diperoleh perhari sebesar
350.000. untuk pemasaran ocid hanya mengandalkan mahasiswa sebagai pembeli
utama dan juga ocid melakukan join dengan para penjual gorengan lain yang berada
diwilayah rajawali, jika ada salah satu dari penjual gorengan dagangannya tidak habis maka
pedagang dapat menitipkan dagangan nya kepada pedagang lain.
2.2 Analisis
SWOT Gorengan 3/2000 Ocid
Strength
(kekuatan)
·
Dapat mengetahui jam-jam berjualan untuk
menjajakan produknya.
·
Lokasi yang strategis.
·
Penjual yang ramah kepada pelanggan dan
dapat mengakrabkan diri kepada pelanggan.
Weakness
(kelemahan)
·
Fasilitas tempat yang kurang nyaman.
·
Tidak tersedianya tempat untuk duduk dan
berteduh yang luas.
Opportunities
(peluang)
·
Dengan pelanggang mahasiswa yang banyak
ocid dapat membuat peluang baru dengan menyediakan tempat untuk mahasiswa
bersantai.
·
Memasarakan bisnis nya di media social
ataupun bkerja sama dengan gofood.
Treath
(ancaman)
·
Dari pedagang lain yang ada
disampingnya.
·
Jika mahasiswa libur maka ocid juga
tidak berjualan karena pendapatan terbesarnya dari mahasiswa.
2.3 Produk
yang dijual
·
Pisang molen
·
Tempe krispy
·
Tahu
·
Tahu isi
·
Bakwan
·
Ubi goring
2.4 Inovasi
yang dapat dilakukan
Inovasi
yang dapat dilakukan oleh ocid untuk memajukan usahanya :
·
Menambah variasi produknya.
·
Membuat inovasi denagn menambah kan
daging ataupun mengubah bentuk gorengan nya agar lebih menarik.
·
Memasarkan produknya via online.
·
Menambah fasilitas tempatnya.
·
Membuat warung yang berkonsep tempat
nongkrong tetapi menu makananya gorengan tetapi yang sudah di inovasi.
BAB
III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dapat
disimpulkan bahwa :
·
Ocid memulai jualan disamping kampus MDP
mulai dari tahun 2013
·
System penjualan yang digunakan oleh
ocid yaitu dengan mangkal dan juga join dengan sesama penjual gorengan.
·
Ocid memiliki distributor untuk bahan
baku sehingga ocid tidak susah mencari
bahan baku.
·
Pangsa pasar yang paling dominan adalah
mahasiswa.
LAMPIRAN
FOTO
95
BalasHapus